Post Pic

TIPS: Merekam Tulisan di Terminal dengan Script

Suatu ketika Anda ingin mencatat tahapan atau perintah-perintah apa saja yang Anda ketikkan di terminal ketika melakukan instalasi sebuah aplikasi. Mungkin untuk keperluan dokumentasi, atau untuk melengkapi laporan tugas dari sekolah atau tempat kuliah.

Linux sudah menyediakan aplikasi untuk keperluan tersebut. Jadi Anda tidak perlu mencatat secara manual apa yang sudah tertulis di layar.


Untuk merekam atau mencatat apa-apa yang tampil di terminal, Anda bisa menggunakan script. Caranya ketik perintah script, lalu baru mulai sesi yang akan direkam.

script

Untuk keluar dari sesi script, Anda cukup tekan CTRL + d secara bersamaan (^d).

Defaultnya jika Anda mengetikkan perintah script saja, tanpa opsi tambahan lainnya, maka semua yang tampil di layar akan di catat di berkas typescript, yang disimpan di direktori tempat perintah script di jalankan.

Jika Anda ingin menyimpan catatan di berkas yg berbeda, jalankan dengan opsi tambahan nama berkas. Seperti contoh di bawah ini.

script /home/cecep/catatan.txt

Maka berkas script akan disimpan di /home/cecep/catatan.txt.


2 Komentar

30 November 2009

Yup bagus niy pake script,jadi lebih gampang buat dokumentasi
cuman masalahnya sering lupa jalinin script dulu sebelum beraksi he3

28 April 2010

Kang Cecep, mau tanya nih.. itu kan kang cecep memberi contoh berkas script akan disimpan di /home/cecep/catatan.txt. nah, itu untuk semua konfigurasi apa konfigurasi yang ada di dalam /home/cecep/ saja….apa mungkin begini ya maksudnya, kita mau konfugrasi di folder manapun, tetapi file script itu akan tersimpan di /home/cecep/catatan.txt bukan?

Terima kasih