Post Pic

tasksel: Cara Mudah Setup Server di Ubuntu

Tulisan ini akan memperkenalkan sebuah tools yang sudah lama tersedia secara default dari Ubuntu 6.10, tasksel. Anda akan diperkenalkan betapa mudahnya menginstal satu buah set aplikasi di Ubuntu dengan sekali centang.


Tasksel ini adalah alat yang sudah lama tersedia di Ubuntu tapi sepertinya kurang begitu populer. Tidak seperti apt-get atau aptitude yang mungkin Anda semua (para pengguna Ubuntu) sudah sangat mengenal baik.

Tapi kalau disini saya tampilkan tangkapan layar dari aplikasi ini, mungkin ada diantara Anda yang berteriak, oh yang itu. Yup, layar ini biasanya muncul ketika Anda menginstall Ubuntu edisi server.

sudo tasksel

Maka yang muncul adalah layar berbasiskan ncurses, yang menampilkan daftar “task”.

tasksel

Jadi jika Anda ingin menginstal LAMP server di ubuntu, cukup menjalankan perintah di atas. Lalu centang di paket yang mau Anda instal. Untuk memilih/centang Anda tekan space bar (papan spasi) di keyboard.

Atau jika Anda mau menggunakan command line (seperti saya tentunya), Anda bisa juga menjalankan instalasi langsung dari command line.

Misal, untuk instalasi LAMP server di ubuntu:

sudo tasksel install lamp-server

Untuk melihat daftar task yang tersedia, jadi Anda bisa menginstall task lainnya seperti Edubuntu Server (ini adalah set utk instalasi LTSP) atau OpenSSH Server, Anda bisa menjalankan perintah berikut:

sudo tasksel --list-tasks

Dan kalau Anda ingin melihat paket apa saja yang akan diinstal dalam satu buah paket task, Anda bisa melihatnya dengan cara menjalankan perintah, sudo tasksel –task-packages , misal:

sudo tasksel --task-packages lamp-server

Hasilnya adalah

apache2
mysql-client-5.0
libapache2-mod-php5
apache2.2-common
apache2-utils
php5-common
libaprutil1
php5-mysql
libmysqlclient15off
libdbi-perl
mysql-server
libplrpc-perl
mysql-server-5.0
libdbd-mysql-perl
libnet-daemon-perl
libapr1
libxml2
libpcre3
libpq5
apache2-mpm-prefork
mysql-common

Menarik bukan. Sekarang Anda sudah tahu cara mudah menginstal LAMP server di Ubuntu dengan sekali centang, juga untuk jenis service lainnya.