Post Pic

5 Situs yang Berguna untuk Diagnosa Sistem dan Jaringan Anda

Kali ini kita akan membahas beberapa situs yang menyediakan layanan test untuk sistem atau jaringan kita. Situs-situs ini akan bermanfaat sekali ketika Anda akan melakukan proses troubleshooting, dan ingin melakukan serangkaian test dari remote site ke sisi server atau jaringan Anda.


intodns.com

Situs ini menyediakan layanan test DNS. Dia akan melakukan serangkaian test, untuk memastikan semua dns server yang melayani domain yang akan di test memberikan konfigurasi yang tepat.

Situs ini cocok untuk memastikan ketika kita melakukan perubahan di dns server, dan ingin memastikan apakah perubahan itu sudah terpropagasi ke semua dns server. Laporan yang ditampilkan sangat lengkap dan sekaligus memberikan informasi tambahan seputar konfigurasi dns yang disarankan.

intodns.com

mxtoolbox.com

Situs ini spesialisasi pengecekan email. Mulai dari cek mx record, cek blacklisting (mengecek apakah server terdaftar di sejumlah RBL yang populer), cek apakah email server open relay, pengecekan konfigurasi SPF sampai analisa header email. Situs yang sangat direkomendasikan untuk Anda yang mengalami masalah dengan pengiriman email. Mulailah analisa server Anda di situs ini.

mxtoolbox.com

network-tools.com

Situs ini menyediakan layanan network tools yang umum, seperti ping, traceroute atau simpel dns lookup dan juga beberapa layanan untuk pengecekan lain. Ada 12 layanan yang bisa Anda gunakan disini.

speedtest.net

Mungkin ini adalah situs yang paling sering Anda gunakan. Karena memang di Indonesia masalah bandwidth masih sangat kritikal, jadi mungkin kita akan sering melakukan proses pengecekan throughput jaringan kita. Salah satu situs populer untuk mengecek alokasi bandwidth yang kita terima adalah speedtest.net.

Di situs ini kita bisa memilih dengan bebas lokasi tujuan yang akan ditest bandwidth nya. Simplenya kita bisa membuktikan layanan yang ditawarkan ISP seberapa besar menyediakan bandwidth lokal dan internasionalnya.

dnsqueries.com

Situs ini menyediakan layanan unit test yang paling banyak. Setidaknya ada 18 layanan yang bisa Anda gunakan. Hampir semua test yang diberikan oleh situs yang disebut sebelumnya, tersedia juga disini.

Selain tools network umum, seperti ping, dns lookup atau traceroute, situs ini juga menyediakan pengecekan header. Misal kita bisa mengecek header suatu situs (misalnya, google.com), dan akan ditampilkan informasi seputar header yang dicek tersebut. Cukup menarik, dan mungkin berguna buat admin pengelola hosting.

dnsqueries.com


3 Komentar

[...] http://ngadimin.com/2009/06/20/5-situs-yang-berguna-untuk-diagnosa-sistem-dan-jaringan-anda/ You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, [...]

24 November 2009

Halo mas, mau nanya kalo arti tanda seru pada intodns artinya apa ya?

Mohon pencerahannya.
Thx ^_^

25 November 2009

tanda (i) itu artinya information. tanda seru apa ya?